Welcome Message

twitter

Follow on Tweets

KONSEP E- CITY

Posted in

KONSEP E- CITY

e-City adalah konsep tentang bagaimana penataan pemerintahan dan layanan masyarakat di masa depan berdasarkan manajemen sistem informasi terpadu pada semua departemen dan pemerintahan kota. E-City memanfaatkan semua kemajuan teknologi yang ada untuk bisa mengakses semua layanan pemerintah, dan masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh layanan dimanapun ia berada 24 jam sehari tanpa dibatasi waktu kerja. Untuk mencapai ke arah Toronto sebagai e-City, ada tiga pilar utama yang harus dibangun terlebih dahulu sebagai dasar untuk kerangka bangunan yang lebih besar. Tiga pilar itu adalah manajemen informasi, teknologi yang memadai, dan sumber daya yang berkualitas.

Manajemen informasi menyangkut bagaimana data dan informasi diatur sesuai dengan visi bisnis dan tujuan pelayanan pemerintahan. Di sini arah dan strategis pengembangan sistem informasi dibangun dengan perencanaan pelaksanaan yang matang. Manajemen informasi ini dibutuhkan agar teknologi yang diinvestasikan bisa menghasilkan manfaat sesuai harapan.

Pilar kedua adalah adanya teknologi yang memadai yang mendukung kerangka dasar pengembangan sistem informasi di pemerintahan. Aspek teknologi mencakup aplikasi yang akan digunakan, keamanan, dan juga jaringan infrastruktur yang mendukung berjalannya sistem informasi.

Pilar ketiga adalah sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjamin berjalannya prosesbisnis secara baik. Sumber daya manusia menyangkut staf dan pegawai pemerintah sebagai pihak yang memberikan layanan dan juga dari sisi masyarakat sebagai pengguna. Karena bagaimanapun, kualitas layanan yang baik juga perlu ditunjang dengan partisipasi menyeluruh dari masyarakat.

Agar bisa berjalan dengan baik, beberapa prinsip dasar e-City perlu diperhatikan dalam implementasinya, di antaranya adalah:

  • Pertama, e-City harus mampu menjamin akses universal dari semua orang untuk mendapatkan layanan pemerintah. Masyarakat bisa mendapatkan layanan kapan saja dengan berbagai kanal akses yang dimilikinya.
  • Kedua, investasi dalam inisiatif dan implementasi e-City harus bisa dipertanggung-jawabkan. Investasi harus direncanakan dengan melibatkan semua pihak yang terkait dalam pemerintahan dan dewan kota untuk menjamin pelaksanaan pengembangan e-City berjalan sesuai rencana. Investasi harus menghasilkan benefit yang bisa diterima oleh seluruh masyarakat.
  • Ketiga, e-City memungkinkan masyarakat mendapatkan layanan dari berbagai departemen dan badan pemerintahan secara mudah. Kuncinya adalah bagaimana mengembangkan teknologi dan berbagai aplikasi yang bisa saling berhubungan antara satu badan pemerintahan dengan yang lain.
  • Keempat, keamanan dan privacy adalah unsur utama. Keamanan menyangkut akses dan pengamanan terhadap berbagai data dan informasi yang dikumpulkan, baik data pemerintahan maupun data masyarakat. Sedangkan privacy menyangkut manajemen penggunaan informasi pribadi. Keamanan dan privacy akan menjadi isu utama yang harus diselesaikan oleh pemerintah dalam rangka pengembangan e-City

TUJUAN STRATEGIS

Pengembangan Toronto menjadi e-City mempunyai berbagai tujuan strategis yang harus dicapai, yaitu

  • Membantu memudahkan penduduk dalam mendapatkan layanan pemerintahan.
  • Meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Adanya e-City memungkinkan pemerintaha informasi yang diperlukan sehingga keputusan yang dihasilkan lebih berkualitas.
  • Menyediakan saluran akses baru yang bisa dilakukan dalam 24 jamdan 7 hari seminggu, dan juga akses satu atap untuk semua layanan pemerintahan melalui berbagai peralatan telekomunikasi dan komputer, termasuk terminal akses umum yang ditempatkan diberbagai tempat.
  • Menjamin kelangsungan dan peningkatan bisnis yang berdasarkan pada penggunaan teknologi informasi secara intensif.
  • Membantu staf pada setiap departemen pemerintah dengan pengembangan kemampuan dalam bidang komputer teknologi informasi

KOMPONEN E – CITY

Ada tiga komponen utama dalam aplikasi e-City, masing-masing adalah :

e-Government

e-Government melingkupi proses pelaksanaan pemerintahan dan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, e-Government bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintah serta mengembangkan demokrasi dan partisipasi publik yang lebih besar. Beberapa target implementasi e-Government diToronto adalah :

  • Peluncuran forum diskusi online untuk staf senior dan pelitisi sehingga memudahkan interaksi dan komunikasi diantara mereka.
  • Laporan dari rapat dewan kota bisa diakses oleh masyarakat secara langsung.
  • Survai dan polling online dari dewan kota bisa dilaksanakan mulai tahun 2003.
  • Mengembangkan sistem informasi pengambilan keputusan yang lebih akurat.

e-Service

Aplikasi e-Service mengarah pada bagaimana meningkatkan kualitas layanan publik yang selama ini diberikan oleh pemerintah. Beberapa sasaran yang menjadi prioritas adalah :

  • Mengembangkan call centre untuk bisa menangkap profil kebutuhan masyarakat secara lebih komprehensif.
  • Menjadikan layanan pemerintahan bisa diakses secara online.
  • Melaksanakan survai kualitas layanan secara berkala untuk kepentingan review dan peningkatan kepuasan masyarakat.
  • Bekerja sama dengan Departemen Pariwisata dan Perpustakaan Umum menyediakan akses publik terhadap layanan online yang lebih luas melalui perpustakaan.
  • Mengadakan survai kepuasan internal dari pegawai, karena bagaimanapun merekalah yang akan memberikan layanan. Sulit diharapkan mereka akan memberikan yang terbaik jika mereka belum puas dengan kondisi internal pemerintahan di mana mereka berada sekarang.
  • Meningkatkan service level untuk jaringan komputer untuk menjamin semua proses transaksi berjalan baik.
  • Membangun jaringan intranet untuk bisnis karena merekalah mitra penting pemerintah untuk pengembangan di masa mendatang.
  • Memberlakukan formulir elektronik dan manajemen dokumen digital menuju pelaksanaan proses kerja yang meminimalisasi kertas.
  • Mengembangkan kios elektronik dan berbagai akses publik melalui pendirian terminal akses diberbagai tempat umum.

e-Business

e-Business adalah aplikasi yang bersifat Government to Business (G2B) dimana pemerintah berhubungan dengan berbagai kalangan bisnis untuk saling bekerjasama. Beberapa traget dari e-Business adalah :

  • Mengembangkan e-Procurement dan online tender sehingga pengadaan barang pemerintah akan lebih efisien dan transparan.
  • Membangun bank data untuk layanan sosial.
  • E-Billing untuk berbagai layanan pemerintah, sehingga memungkinkan perusahaan melakukan transaksi secara online.
  • Pengembangan sumber daya manusia dan organisasi untuk menjamin pelaksanaan e-City berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Tiga komponen diatas perlu berdiri diatas bangunan infrastruktur yang kokoh, yaitu intrastruktur hukum dan infrastruktur jaringan telekomunikasi. Infrastruktur hukum yang kuat menjadi dasar dan arah pengembangan e-City sementara infrastruktur jaringan telekomunikasi yang baik menjamin proses pertukaran data dan informasi berjalan dengan lancar.

Pada akhirnya, konsep e-City memberikan landasan yang kuat bagi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyakat dan bernegara di Toronto, e-City akan memudahakan masyakat, kalangan bisnis, dan berbagai organisasi untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Disisi lain, e-City juga akan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan pemerintah yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan lebih besar kepada masyarakat.

sumber:www.sumutprov.go.id

Comments (1)

Wynn Resorts and Encore Casino Deck (Blue) - Dr. MCD
Wynn 충청북도 출장샵 Resorts and Encore Casino Deck (Blue) 대구광역 출장안마 The luxurious Wynn 울산광역 출장샵 Tower Suite Salon at 사천 출장마사지 the Encore Las Vegas 서울특별 출장샵 is

Posting Komentar