Aplikasi dan penerapan e-biz
Aplikasi e-bisnis : – Autoresponder (layanan pra-jual dan purna-jual secara on-line dari perusahaan ke pelanggan dan calon pelanggan. Baik berupa FAQ ataupun layanan e-mail autorespond). – Layanan penjualan dan pembelian secara on-line – FAQ
Penerapan e-bisnis dapat dilakukan oleh perusahaan yang memiliki pangsa pasar regional, nasional maupun global. Penerapan e-bisnis merupakan sebuah usaha untuk memasarkan produk pada target yang lebih luas, mendapatkan untung yang lebih serta mendapatkan loyalty dari pelanggan yang telah melakukan transaksi dengan e-bisnis yang telah diterapkan. Kepuasan pelanggan pun diharapkan dengan diadakannya layanan pra-jual dan purna-jual.
Coba jelaskan apa itu transformasi e-business ?
• Menurut Ravi Kalakota, dalam bukunya m-Business : The Race to Mobility, revolusi struktural diam-diam sudah terjadi di bidang ekonomi. Tahun 90-an,industri mobile internet tumbuh lebih besar dari sebelumnya berkat lima hal penting, yaitu : investasi infrastruktur yang besar, kemajuan piranti lunak, modal berlimpah sekalipun sedang menghadapi masalah ekonomi, perhatian konsumen yang lebih besar, dan tuntutan yang semakin banyak akan bisnis secara real-time.• Menurutnya, kalau kita melihat sejenak pertengahan dekade 90-an kita telah melihat tiga perubahan besar struktural dalam waktu relatif singkat, yaitu : e-commerce, e-business, dan m-business.
• Transformasi e-business adalah perubahan-perubahan struktural yang diakibatkan oleh dampak-dampak yang ditimbulkan di batas-batas sebuah enterprise. E-commerce berpengaruh kepada bagaimana perusahan-perusahaan berinteraksi dengan para pelanggan mereka. E-business berdampak terhadap suplier maupun karyawan. Namun, hampir seluruh aplikasi e-commerce dan e-bisnis dirancang dan dikembangkan dengan asumsi akan digunakan oleh pengguna stasioner atau menetap, dengan infrastruktur yang terhubung kabel. Paradigma fixed e-commerce ini berrevolusi dengan muncul dan meluasnya penerapan jaringan data nirkabel dalam m-commerce, yang kemudian didukung dengan apa yang dikenal dengan m-business.
• M-business adalah infrastruktur aplikasi yang dibutuhkan untuk mengelola hubungan bisnis dan menjual informasi, jasa dan komoditas dengan menggunakan perangkat mobile. M-business merupakan hasil transformasi dari e-business.
• Ketika kapabilitas mobile internet semakin membaik, ia menjadi suatu cara akses yang paling nyaman terhadap layanan on-line dan juga selalu tersedia (always on, always available).
Comments (0)
Posting Komentar