Welcome Message

twitter

Follow on Tweets

mouse ukuran cincin

Posted in



Kita sering melihat gadget terbaru dengan perpaduan teknologi yang semakin memudahkan hidup. Jangan heran jika sekarang para ahli telah mampu membuat mouse seukuran cincin.

Seperti sebuah mouse buatan alumni WPI yang ditampilkan dalam acara PopSci Invention Awards bersama 10 perangkat terbaru lainnya.

Mouse yang dibuat oleh Christian Baker dan keempat temannya itu tidak seperti mouse biasa yang digerakkan dengan genggaman tangan. Diberi nama magic mouse, sebuah mouse computer tiga dimensi yang dapat difungsikan hanya dengan menyematkannya di jari Anda layaknya sebuah cincin.

Pointer yang memancar dari mouse memudahkan pengguna computer untuk mengendalikan cursor pada layar monitor, tinggal menggerak-gerakkan tangan saja seraya melambai. Bahkan mouse tersebut mampu difungsikan sebagai zoom, hanya dengan menggerakkan ke depan dan ke belakang, untuk memudahkan penggunaan 3D maps ataupun memanipulasi objek gambar pada fasilitas CAD (computer aided design).

Mouse tersebut juga mampu membuat permainan menjadi nyaman, lebih realistis dan interaktif seperti halnya kelengkapan pada remote 3D di perangkat Nintendo game Wii terbaru.

Prinsip dasar magic mouse ini disebut Time difference of arrival (TDOA), prinsip yang sama yang memungkinkan perangkat GPS menemukan posisi Anda di mana saja di muka bumi ini. Setiap 16 miliseken, 5 receiver dapat mendetek gelombang ultrasound yang dihantarkan oleh transmitter yang dihasilkan oleh pergerakan tangan Anda. Perangkat ini juga menggunakan protocol mouse standar yang biasa digunakan di PC sehingga mereka tidak membutuhkan software tambahan.

Menurut mereka kesulitan terbesar yang dialami dalam pembuatan mouse tersebut adalah ukuran mouse dibuat sekecil mungkin, mengingat software yang mereka gunakan pun harus memiliki ukuran yang lebih kecil. (mbs)

Comments (0)

Posting Komentar