Posted in ai
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan
bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal
menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19,
Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis
yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia
Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter
Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas
” pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama
yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I
di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang
ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang
ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan
buatan ” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan
ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing
memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk
mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun
ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan
pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program
Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam
bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan
Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan
Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe
mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang
kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec
mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi
jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Ada banyak jenis kecerdasan buatan, setidaknya ada lima jenis kecerdasan
buatan yang sering kita temui, yaitu :
1. *Jaringan Syaraf Buatan (Artificial Neural Networks),*
Dalam industri minyak bumi AI ini dapat digunakan untuk membuat
pola waktu, misal produksi suatu sumur minyak pada waktu tertentu.
2. *Logika Fuzzy (Fuzzy Logics),
*Logika ini untuk menentukan nilai diantara dua keadaan biner (1
dan 0). Logika inilah yang saya pakai untuk identifikasi suatu
minyak bumi sama (1) atau tidak (0) yang akan dibahas lebih lanjut.
3. *Algoritma Genetik (Genetic Algorithms),
*Algoritma Genetik biasanya digunakan dibidang kedokteran, misal
untuk menganalisis DNA.
4. *Robotika (Robotics),
*AI ini banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk
melakukan kegiatan otomatisasi, misal dalam PLC (Programmable
Logic Control).
5. *Permainan Komputer (Games),
*AI jenis ini yang paling disukai oleh anak-anak , misal untuk
memainkan game Age of Mythology atau Counter Strike… :)
Comments (0)
Posting Komentar