Welcome Message

twitter

Follow on Tweets

vista's offer

Posted in

Sebagian orang mungkin bertanya, apa sebenarnya yang ditawarkan oleh Vista dari segi keamanan bila dibandingkan dengan Windows XP. Berikut ini beberapa feature keamanan yang ditawarkan Vista dan tidak tersedia di Windows XP.


Windows Service Hardening
Feature ini adalah jawaban Microsoft atas begitu mudahnya virus dan malware lainnya menyusup sebagai proses, startup item, atau menumpang ke komponen Windows seperti Explorer di Windows XP. Dengan Windows Service Hardening, semua proses; berbagai service Windows, komponen-komponen lain maupun berbagai menu item yang di-instal oleh software third party, tidak bisa ‘ditumpangi’ virus-sebuah trik yang sering kali digunakan virus adalah me-load dirinya ke memori setiap kali Anda me-restart Windows.
Cara Windows Service Hardening melindungi Vista sebenarnya cukup mirip dengan WPA. Windows Service Hardening menyimpan setiap ‘image’ service dan komponen Windows. Saat sebuah komponen atau service dijalankan, ia akan membandingkan file yang akan dijalankan dengan image dalam database. Bila kedua file tersebut tidak sama, Windows Service Hardening akan menghentikan eksekusi komponen atau service tersebut.


Windows Defender
Bila Windows Service Hardening melindungi service dan komponen Vista dari infeksi virus, Windows Defender menjaga software-software di luar Windows. Salah satu tool-nya yang cukup efektif adalah Software Explorer. Tool ini sebenarnya kombinasi Microsoft Configuration Editor, Task Manager dan Network Monitor.Â
Dengan Software Explorer, Anda bisa melihat semua program yang sedang berjalan (resident di memori), mengakses network, dan program-program yang dipanggil setiap kali Windows melakukan startup.


User Account Control
Feature keamanan ini mungkin merupakan salah satu feature Vista yang sering kali membuat kepala pengguna pusing. User Account Control berfungsi sebagai konfirmasi untuk tiap perubahan konfigurasi Windows. Selain itu, ia juga akan muncul setiap kali Anda mencoba meng-copy, cut, menghapus ataupun menulis/menyimpan file di folder-folder seperti Program Files, Program Data dan Aplikasi Data dalam folder users.
Bersama feature-feature lain seperti Security Center, ketiga features ini memang membuat Vista lebih aman dari XP dalam keadaan default. Walau demikian, Security Center akan tetap ‘meminta’ installasi antivirus guna pelengkap keamanan Vista.

Comments (0)

Posting Komentar