Welcome Message

twitter

Follow on Tweets

SISTEM KEAMANAN DATABASE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIOMETRIK DENGAN METODE SIDIK JARI

Posted in

Pada pembahasan paper sekuriti ada beberapa konsep sekuriti untuk penanganan keamanan database. Hal- hal yang menjadi pertimbangan yang dikenal dengan segi tiga CIA yaitu:

Confidentiality

Integrity.

Availability

Sering dalam pembahasan sekuriti orang melupakan bahwa konsep sekuriti akan melibatkan beberapa komponen yaitu; Matematika , Manusia, Manajemen.

Konsep teknologi biometrik menggunakan sidik jari sudah dimulai sejak tahun 1901 oleh E. Henry dengan memusatkan pada jari tangan dan jari kaki dengan sistem pencelupan ke dalam tinta dan membubuhkanya pada suatu media sehingga di dapat titik ridge yang berbeda pada masing-masing individu.

Dalam teknik biometri sidik jari ada 7 bentuk papillary ridge yaitu :

Loop , Arch , Whorl, Tented Arch, Double Loop, Central Pocked Loop, dan Accidental. Disamping itu juga ada beberapa ukuran anatomi sidik jari antara lain ;

Ridge, Evading Ends, Bifurcation, Hook, Fork, Dot, Eye, Island, Enclosed Ridge, Specialties, Enclosed Loop, masing-masing telah dijelaskan di atsas.

Teknik sidik jari dapat dikategorikan menjadi dua metode yaitu; minutae-based dan correlation-based, keduanya memiliki kelibihan dan kekurangan dalam aplikasinya correlation-based dapat memberi keuntungan yang lebih baik dibanding dengan minutae-based. Disamping tersebut dalam sidik jari juga dapat digolongkan berdasarkan penugasan sidik jari ke dalam jenis pre-specified yaitu five-class problem dan four class problem.

Dalam penggunaan password dengan biometrik sidik jari dapat memberikan keamanan yang lebih terjamin, karena password tidak mudah dipalsukan ataupun hilang sebab keberadaannya melekat pada anggota badan manusia yang tidak dapat berubah kecuali luka atau insident lain yang menyebabkan kerusakan jari tersebut.

Comments (0)

Posting Komentar